Kompas.com - 27/08/2012, 11:21 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

BANDUNG, KOMPAS.com - Kebakaran di Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, hingga kini masih ditangani oleh berbagai pihak mulai masyarakat maupun TNI. Salah satu opsi penanganan yang tersisa adalah melokalisir api.

"Hanya itu pilihan kita. Untuk memadamkan jelas sulit karena tidak bisa dijangkau mobil pemadam kebakaran," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Udjwalaprana Sigit, di Bandung, Senin (27/8/2012).

Dia mengungkapkan bahwa ada setidaknya 30 hektar lahan yang terbakar di lereng Papandayan. Saat ini ditangani oleh masyarakat, anggota BPBD, TNI maupun relawan yang jumlahnya mencapai 200 orang.

Yang saat ini ditangani adalah bara yang masih tersisa dari kayu maupun dahan yang habis terbakar. Bila tertiup angin, dikhawatirkan bisa membakar tempat lain.

Selain titik di Papandayan, Sigit juga mencurigai munculnya titik api di Gunung Cermai, Cirebon, maupun Gunung Tampomas, Sumedang. Untuk saat ini, titik api yang muncul masih kecil dan bisa ditangani segera.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.