Kompas.com - 24/08/2012, 19:13 WIB
EditorKistyarini

SAMARINDA, KOMPAS.com - Sebuah pesawat jenis PA 31 Piper Artex PK-IWH dengan empat penumpang milik maskapai penerbangan PT Intan Angkasa hilang kontak sejak Jumat (24/8/2012) siang, saat melakukan survei pemetaan di wilayah areal pertambangan sekitar Kota Bontang, Kalimantan Timur.

"Pesawat itu terbang Jumat pagi sekitar pukul 07.51 Wita dari Bandara Temindung Samarinda. Kontak terakhir dengan Bandara Temindung sekitar pukul 08.04 Wita," kata Kepala Bandara Temindung Samarinda Rajoki Aritonang di Samarinda, Jumat petang, saat memberikan keterangan pers kepada wartawan.

Ia mengatakan pesawat tersebut rencananya terbang selama empat jam untuk melakukan survei pemetaan di wilayah areal pertambangan sekitar Kota Bontang, dan dijadwalkan kembali ke Bandara Temindung sekitar pukul 12.00 Wita.

Menurut dia, TIm Basarnas dari Balikpapan saat ini masih terus melakukan pencarian terhadap pesawat yang membawa empat penumpang tersebut.
Pesawat itu dicarter oleh Elliott Geophysics International (EGI) untuk melakukan survei pemetaan di area pertambangan PT Tambang Damai Bontang.

Empat penumpang pesawat tersebut adalah pilot Captain Marshal Basir, GM Elliott Geophysics International Peter John Elliott (berkebangsaan Australia), Officer Manager EGI Janri Hendrizal, dan Security Officer dari Kementerian Pertahanan Kapten Suyoto.

Rajoki Aritonang menambahkan, berdasarkan keterangan ada warga yang sempat melihat pesawat di sekitar Bukit Sekerat, Kabupaten Kutai Timur, namun belum dapat dipastikan apakah yang dilaihat itu adalah pesawat survei yang dimaksud.

"Tim Basarnas masih melakukan pencarian terhadap pesawat yang hilang kontak tersebut," katanya di posko pencarian yang langsung disiapkan di Bandara Temindung Samarinda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.