Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok Prediksi Puncak Arus Balik di Bandara Juanda

Kompas.com - 24/08/2012, 16:43 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com -- Puncak arus balik melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya diprediksi terjadi mulai hari ini, dan besok Sabtu (25/8/2012). Prediksi itu karena pada Senin (27/8/2012) sebagian besar masyarakat sudah mulai beraktivitas seperti biasa.

Pantauan Kompas.com pada Jumat (24/8/2012) sore, kepadatan penumpang terpusat di terminal keberangkatan dan kedatangan domestik. Adapun di terminal kedatangan dan keberangkatan internasional, tidak terjadi kepadatan secara signifikan.

''Besok adalah puncak arus balik, pada Minggu jumlah penumpang diprediksi mulai turun hingga di angka normal,'' kata Humas PT Angkasapura I, Saryo, Jumat (24/8/2012).

Menurutnya, kepadatan penumpang pesawat melalui Bandara Internasional Juanda sebenarnya sudah terasa sejak kemarin. Data di posko terpadu angkutan Lebaran setempat mencatat, pada Kamis (23/8/2012), sebanyak 370 pesawat mendarat dan terbang melalui Bandara Internasional Juanda dengan 43.302 penumpang. Dari jumlah itu, 343 pesawat di antaranya di jalur penerbangan domestik, dan sisanya merupakan penerbangan internasional.

Sementara penumpangnya, dari total 43.302 penumpang, 38.397 di antaranya merupakan penumpang domestik, dan 4.905 penumpang sisanya adalah penumpang penerbangan internasional. Jumlah pesawat yang tercatat meningkat 15 persen dari periode yang sama tahun lalu, sementara jumlah penumpang juga meningkat 14 persen.

''Prediksi kami secara umum, lalu lintas angkutan udara selama masa Lebaran tahun ini jumlah pesawat meningkat 7 persen-12 persen, sementara jumlah penumpang juga meningkat 12 persen - 20 persen,'' tambahnya.

Selama masa angkutan Lebaran tahun ini, kata Saryo, tiga operator domestik telah mengajukan penerbangan tambahan untuk empat jalur penerbangan masing-masing sekali per hari pulang pergi dari Surabaya, yakni jalur penerbangan Surabaya-Denpasar, Surabaya-Balikpapan, Surabaya-Jakarta, dan Surabaya-Banjarmasin.

Selain tiga operator penerbangan domestik, empat operator internasional juga mengajukan empat penerbangan tambahan, yakni Kuala Lumpur Surabaya, Taipe-Surabaya, Hongkong-Surabaya, dan Singapura-Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com