Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Mudik, Pantura Kendal Telan 13 Jiwa

Kompas.com - 23/08/2012, 13:43 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com -- Selama arus mudik, mulai tanggal 11 hingga 18 Agustus 2012, telah terjadi 11 kali kecelakaan di Jalan Pantai Utara (Pantura) Kendal, Jawa Tengah.

Kecelakaan itu telah menyebabkan 13 orang meninggal dunia dan 22 luka ringan. Sedang kerugian materi akibat kecelakaan tersebut ditaksir mencapai Rp 23 juta lebih.

Informasi itu disampaikan Kepala Sub Bagian (Kasubag) Humas Polres Kendal AKP Suratno. Suratno menjelaskan, pada H-7 hingga hari H lebaran tahun 2012, jumlah kecelakaan di Pantura, Kendal ada 10 kasus, namun tidak ada korban jiwa.

"Hanya ada 9 orang yang mengalami luka-luka," kata Suratno.

Ia menambahkan, selain ada peningkatan korban jiwa, juga ada peningkatan jumlah pelanggaran saat arus mudik. Kalau pada tahun ini jumlah pelanggarannya mencapai 314 kasus, pada tahun tahun 2011 hanya 21 kasus.

"Sedang kerugian material pada tahun 2011 hanya Rp 4,5 juta. Sangat jauh kalau dibandingkan dengan tahun ini yang mencapai Rp 23.800.000," jelasnya.

Penyebab kecelakaan sendiri paling banyak didominasi kelelahan dan sopir yang mengantuk. Kecelakaan dengan korban jiwa terbanyak terjadi sehari menjelang Lebaran, yakni antara bus Garuda Mas dengan L 300 yang mengakibatkan 6 orang tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com