Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Sepertiga Pemudik Kembali Lewat Bakauheni

Kompas.com - 23/08/2012, 09:40 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

KALIANDA, KOMPAS.com - Tiga hari setelah Lebaran, Kamis (23/8/2012) diperkirakan baru sepertiga pemudik yang kembali ke Pulau Jawa melalui pintu Pelabuhan Bakauheni Lampung. Berdasarkan data yang diperoleh dari Posko Lebaran PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, hingga Kamis dini hari, total pemudik yang menyeberang di Bakauheni selama arus balik tercatat sebanyak 192.120 orang.

Sementara, total manusia atau pemudik yang bergerak menyeberang ke Sumatera selama arus mudik pekan lalu tercatat 614.065 orang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa baru 31 persen pemudik yang kembali ke Pulau Jawa. Jumlah total kendaraan yang bergerak selama arus mudik mencapai 60.430 sepeda motor dan 55.603 mobil. Dengan demikian, masih tersisa 422.000 pemudik yang akan melintasi Bakauheni selama tiga hari ke depan. Jumlah itu pun belum ditambah pergerakan urbanisasi baru.

Seperti diungkapkan Manajer Operasional PT ASDP Cabang Bakauheni Lampung Heru Purwanto, setiap arus balik biasanya terjadi penambahan jumlah pergerakan manusia sebesar 7 - 8 persen. "Soalnya, saat pulang, pemudik biasanya turut membawa sanak saudaranya," ujar dia. Ini berpotensi menimbulkan kemacetan di jalan dan Pelabuhan Bakauheni, seperti halnya yang terjadi di Merak saat puncak arus mudik akhir pekan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com