Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Mangrove Senter Balikpapan Diminati Wisatawan

Kompas.com - 22/08/2012, 19:13 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com-Wisatawan tak hanya mendatangi tempat-tempat wisata yang umum, seperti pantai, kebun binatang, atau mal untuk mengisi liburan lebaran. Sebagian wisatawan, seperti di Kota Balikpapan, Rabu (22/8/2012) memilih wisata alam, yakni ke Mangrove Center.

"Daripada ke mal, lebih asyik ke tempat-tempat wisata seperti ini," ujar Sandra Yudia, warga Kota Yogyakarta, Rabu sore. Ia bersama suami dan anaknya, berlibur ke Balikpapan sekaligus menengok adik iparnya. Di Mangrove Center, pengunjung bisa berkeliling menyusur Sungai Somber, sembari melihat hutan bakau yang masih terpelihara dengan baik.

Pengunjung biasanya datang sore, karena sore hari kawanan bekantan biasanya muncul, bergantungan di mangrove sembari mencari makan. Mangrove Center di Kompleks Graha Indah, Kelurahan Batu Ampar, ini, merupakan tempat wisata yang diinisiasi warga dan digerakkan warga setempat.

Agus Bei, Ketua Mangrove Center, mengatakan, mulai banyak wisatawan tertarik ke wisata alam. "Wisatawan dari Jawa ketika datang ke Kalimantan, terutama Balikpapan, yang dicari kan jelas bukan mal atau kerusakan alam akibat tambang batubara, tapi ke tempat yang langka seperti Mangrove Center," ucap Agus Bei.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com