Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Merapi Keluarkan Hembusan

Kompas.com - 20/08/2012, 20:41 WIB
Ahmad Arif

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Gunung Merapi di Yogyakarta menghembuskan asap putih kecoklatan berketinggian hingga 70 meter, disusul gempa, pada Senin (20/8/2012) sekitar pukul 18.00. Sebelum letusan tahun 2010, Merapi tidak pernah mengeluarkan hembusan. Hal ini menandai karakter gunung ini telah berubah.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) Surono mengatakan, gempa hembusan terekam memiliki amplitudo maximum 8 mm dengan lama waktu gempa 9 detik. Secara visual dari Pos Kaliurang dan Pos Babadan terlihat asap berwana putih kecoklatan dengan tinggi sekitar 70 meter tertiup angin ke arah barat laut.

"Kejadian hembusan asap seperti ini pernah terjadi 15 Juli 2012 dgn energi yang lebih besar. Ketinggian asap saat itu lebih dari 1.000 meter dari puncak Merapi," katanya.

Surono mengatakan, kejadian hembusan seperti ini tidak pernah terjadi sebelum letusan Merapi tahun 2010. "Ini menandai Merapi sudah berubah karakternya," katanya.

Karena itu, masyarakat di sekitar Merapi harus membiasakan diri dengan langam Merapi yang baru ini dan tetap tenang melakukan aktivitas seperti biasa.

"Aktivitas Merapi hingga saat ini, 20 Agustus 2012, masih Normal," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com