Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Tahun Ini Meningkat 160 Persen Dibanding Tahun Lalu

Kompas.com - 20/08/2012, 15:56 WIB

NAGREG, Kompas.com - Kepolisian Resor Bandung berupaya ekstra untuk mencairkan kepadatan yang melanda jalur selatan Nagreg yang sejak H-2, Jumat (17/8/2012) lalu, mengalami kepadatan hingga hari ini, Senin (20/8). Itu berarti sudah empat hari ini jalur selatan Nagreg mengalami kepadatan.

Dari prediksi sebelumnya disebutkan ada beberapa titik kepadatan, yaitu Limbangan dan Gentong untuk arah Tasikmalaya, lalu di Kadungora dan Leles untuk arah Garut. Peningkatan volume kendaraan pada musim mudik kali ini begitu terasa signifikan.

Kapolres Bandung, AKBP Sandi Nugraha mengatakan bahwa iklim mudik tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana masyarakat saat ini sangat memanfaatkan sarana dan prasarana untuk mudik, yaitu mobil dan motor.

"Semua orang sekarang mudik pakai mobil dan motor, kan kalau dulu merata keberadaan antara moda transportasi motor, mobil, dan bus umum," ucapnya usai rapat koordinasi dengan para Kapospam (Kepala Pos Keamanan) mudik Jalur Selatan.

"Tahun ini peningkatan pemudik sangat signifikan, naiknya bukan lagi 100 persen tapi sudah 160 persen," tambahnya.

Hal senada juga dikemukan oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Dicky Saromi, bahwa pemudik kali ini melakukan mudik sekalian berwisata.

"Trennya sekarang para pemudik dikombinasi dengan jalan-jalan alias wisata," demikian tuturnya dalam sebuah acara penyerahan peta mudik di Gerbang Tol Cileunyi beberapa waktu lalu.

Menyikapi hal ini, Kapolres Bandung AKBP Sandi Nugraha mengimbau agar para pemudik tetap disiplin dan sadar hukum daam berkendara agar mudik dan balik selamat sampai tujuan. (Heri Indra/Sonora)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com