Kompas.com - 20/08/2012, 13:04 WIB
EditorHeru Margianto

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Jalur mudik lintas selatan Madura, dari arah Pamekasan menuju Sampang dan sebaliknya, Senin (20/8/2012), macet sepanjang 3 kilometer sejak pukul 07.00 WIB. Hingga pukul 10.40 WIB kemacaetan masih berlangsung.
    
Kemacetan arus lalu lintas di jalur mudik wilayah selatan Pamekasan ini terjadi mulai dari Desa Kramat, Kecamatan Tlanakan, hingga Desa Tanjung, Kecamatan Camplong, Sampang, Madura, Jawa Timur.
    
Kemacetan jalur mudik di perbatasan dua kabupaten di Madura itu terjadi karena ada kegiatan masyarakat di Desa Tanjung. Saat Lebaran 2012, masyarakat di desa itu biasa mengelar kegiatan jalan-jalan dengan naik dokar dan becak di sepanjang jalan raya. Tidak hanya itu saja, sebagian warga juga menggelar pesta joget di pinggir jalan raya yang dilalui arus mudik.

"Kami sudah memerintahkan petugas lapangan untuk memantau kemacetan arus lalu lintas di jalur mudik di Desa Kramat itu," kata Kasat Lantas Polres Pamekasan AKP Moch Mahmud.

Sementara, para pengendara kendaraan bermotor yang melintas di jalur mudik ini mengaku kesal dengan kegiatan masyarakat di sana. Sebab, kegiatan yang digelar di pinggir jalan raya tersebut, mengganggu kelancaran arus lalu lintas saat mudik Lebaran seperti sekarang ini.

"Idealnya di perbatasan Sampang-Pamekasan itu ditempati pos pantau Lebaran. Sehingga jiga ada kegiatan yang mengganggu kelancaran arus lalu lintas seperti ini bisa segera teratasi," kata seorang pengendara mobil asal Sumenep, Heri Hermanto.

Menurut kebiasaan, tradisi warga Desa Kramat, dan Desa Tanjung melakukan jalan-jalan dengan naik dokar dan becak, serta berpesta joget di pinggir jalan raya itu, hingga H+7 Lebaran.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.