Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16.000 Kendaraan Bergerak Menuju Puncak

Kompas.com - 20/08/2012, 12:37 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Hari kedua libur Lebaran, arus lalu lintas kendaraan di jalur Puncak meningkat dari hari sebelumnya. Tercatat 16.320 kendaraan melintas di Gerbang Tol Ciawi. Laju volume kendaraan meningkat sejak Senin (20/8/2012) pagi.

"Hari kedua ini jumlah kendaraan meningkat dari hari pertama, kemungkinan masyarakat memanfaatkan Lebaran hari kedua untuk berlibur di lokasi wisata, salah satunya Puncak," kata Kepala Gerbang Tol Ciawi, Andri Yusuf, Senin.

Menurut Andri, peningkatan terjadi sekitar 30 persen dibandingkan dengan hari nonliburan yang hanya sekitar 12.000 kendaraan. Untuk mengantisipasi lonjakan, ia melanjutkan, pihaknya membuka enam loket untuk melayani kendaraan yang keluar tol.

"Kami mengoperasikan enam loket yang ada untuk melayani kendaraan yang akan keluar tol. Biasanya di hari kerja reguler kita hanya mengoperasikan empat loket," katanya.

Ditambahkan, pada musim libur Lebaran ini pihaknya memprioritaskan kendaraan yang keluar tol. "Diperkirakan pada masa libur Lebaran ini sebanyak 60.000 kendaraan akan melewati gerbang Ciawi. Diharapkan agar para pengendara tetap bersabar serta mematuhi rambu-rambu ketika dalam antrean," katanya menambahkan.

Sementara itu, pantauan di lapangan, antrean mobil di tol mulai mengular sejak keluar pintu Tol Ciawi menuju Gadog. Kendaraan sudah terlihat datang sejak pagi, hingga menjelang siang kepadatan kendaraan berangsur-angsur mulai terjadi.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kabupaten Bogor Ajun Komisaris Edwin Affandi mengatakan, di hari kedua Lebaran pihaknya akan memberlakukan sistem buka tutup arus guna mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalur Puncak.

"Hari ini, sistem buka tutup mulai diberlakukan secara situasional dilihat dari kondisi di lapangan. Kita juga akan memberlakukan sistem satu arah untuk mengurai kepadatan kendaraan," katanya.

Sistem penutupan arus atau satu arah menuju Kota Bogor-Ciawi sudah dilakukan sekitar pukul 09.00 WIB. Sistem satu arah diberlakukan selama lebih kurang 30 menit, kendaraan-kendaraan yang akan menuju Puncak diperbolehkan mempergunakan dua badan jalan.

Edwin mengatakan, pada hari biasa penutupan arus diberlakukan sebanyak dua kali, yakni pagi dan sore hari. Namun, untuk musim libur Lebaran, penutupan arus diberlakukan tentatif.

"Dilihat dari volume kendaraan nantinya kapan penutupan arus atau sistem satu arah diberlakukan," ujarnya. Menurutnya, sebanyak 250 personel polisi dikerahkan untuk mengamankan jalur Puncak selama libur Lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com