Kompas.com - 20/08/2012, 12:37 WIB
EditorHeru Margianto

BOGOR, KOMPAS.com — Hari kedua libur Lebaran, arus lalu lintas kendaraan di jalur Puncak meningkat dari hari sebelumnya. Tercatat 16.320 kendaraan melintas di Gerbang Tol Ciawi. Laju volume kendaraan meningkat sejak Senin (20/8/2012) pagi.

"Hari kedua ini jumlah kendaraan meningkat dari hari pertama, kemungkinan masyarakat memanfaatkan Lebaran hari kedua untuk berlibur di lokasi wisata, salah satunya Puncak," kata Kepala Gerbang Tol Ciawi, Andri Yusuf, Senin.

Menurut Andri, peningkatan terjadi sekitar 30 persen dibandingkan dengan hari nonliburan yang hanya sekitar 12.000 kendaraan. Untuk mengantisipasi lonjakan, ia melanjutkan, pihaknya membuka enam loket untuk melayani kendaraan yang keluar tol.

"Kami mengoperasikan enam loket yang ada untuk melayani kendaraan yang akan keluar tol. Biasanya di hari kerja reguler kita hanya mengoperasikan empat loket," katanya.

Ditambahkan, pada musim libur Lebaran ini pihaknya memprioritaskan kendaraan yang keluar tol. "Diperkirakan pada masa libur Lebaran ini sebanyak 60.000 kendaraan akan melewati gerbang Ciawi. Diharapkan agar para pengendara tetap bersabar serta mematuhi rambu-rambu ketika dalam antrean," katanya menambahkan.

Sementara itu, pantauan di lapangan, antrean mobil di tol mulai mengular sejak keluar pintu Tol Ciawi menuju Gadog. Kendaraan sudah terlihat datang sejak pagi, hingga menjelang siang kepadatan kendaraan berangsur-angsur mulai terjadi.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kabupaten Bogor Ajun Komisaris Edwin Affandi mengatakan, di hari kedua Lebaran pihaknya akan memberlakukan sistem buka tutup arus guna mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalur Puncak.

"Hari ini, sistem buka tutup mulai diberlakukan secara situasional dilihat dari kondisi di lapangan. Kita juga akan memberlakukan sistem satu arah untuk mengurai kepadatan kendaraan," katanya.

Sistem penutupan arus atau satu arah menuju Kota Bogor-Ciawi sudah dilakukan sekitar pukul 09.00 WIB. Sistem satu arah diberlakukan selama lebih kurang 30 menit, kendaraan-kendaraan yang akan menuju Puncak diperbolehkan mempergunakan dua badan jalan.

Edwin mengatakan, pada hari biasa penutupan arus diberlakukan sebanyak dua kali, yakni pagi dan sore hari. Namun, untuk musim libur Lebaran, penutupan arus diberlakukan tentatif.

"Dilihat dari volume kendaraan nantinya kapan penutupan arus atau sistem satu arah diberlakukan," ujarnya. Menurutnya, sebanyak 250 personel polisi dikerahkan untuk mengamankan jalur Puncak selama libur Lebaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.