Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke dan Pengunjung Kumpulkan Sampah di Ancol

Kompas.com - 20/08/2012, 12:25 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dan para pengunjung Taman Rekreasi Ancol mengikuti kegiatan bersih-bersih sampah di kawasan Beach Pool, Ancol, Jakarta Utara, Senin (20/8/2012). Pengunjung yang dapat mengumpulkan banyak sampah berkesempatan meraih hadiah.

Kegiatan pungut sampah dengan tema "Sucikan Hati Bersihkan Pantai" itu dilakukan mengingat banyaknya pengunjung di Ancol selama libur Lebaran sehingga berpotensi menimbulkan banyak sampah. "Ancol merupakan tempat wisata DKI Jakarta dan merupakan aset bangsa Indonesia yang harus kita jaga bersama, kebersihan, dan keindahan pantainya agar tetap dapat memberikan kenyaman pada masyarakat luas dalam melakukan aktivitas olahraga dan rekreasi," ujar Fauzi Bowo.

Gubernur berharap agar masyarakat Jakarta dapat bersama-sama menjaga lingkungan dengan baik. Ia mengatakan, keterlibatan warga sekitar Ancol dan para pengunjung yang berekreasi merupakan upaya memberdayakan masyarakat agar kesadaran terhadap pentingnya menjaga lingkungan semakin tinggi. "Dengan tetap menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, maka Jakarta akan menjadi lebih Indah," katanya.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Budi Karya Sumadi mengatakan, para pengunjung pada acara ini mendapatkan kantung sampah. Bila sampah yang mereka kumpulkan mencapai bobot 5 kilogram, maka pengunjung akan diberi uang tunai sebesar Rp 10.000. Tersedia pula tiga sepeda sebagai hadiah untuk pengunjung yang berhasil mengumpulkan sampah terberat. "Kegiatan ini juga akan memberikan contoh kepada warga dan wisatawan supaya menjaga kebersihan di Pantai Ancol," ujarnya.

Memasuki Lebaran hari kedua, gelombang pengunjung lokasi wisata Ancol diperkirakan mencapai 70.000 pengunjung. Staf Humas PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Aldhita Prayudi Putra, mengatakan, selama libur Lebaran, Ancol menargetkan jumlah pengunjung naik hingga 1,1 juta orang, terhitung sejak 17 Agustus 2012 hingga hingga akhir bulan ini di seluruh wahana wisata di Ancol.

Ia mengatakan, manajemen Ancol mengerahkan lebih dari 200 petugas kebersihan dan 20 truk sampah untuk menjaga kebersihan kawasan wisata tersebut. Manajemen Ancol juga menyediakan posko air yang memasok 5.000 liter kubik air setiap hari untuk kebutuhan air di toilet, restoran, dan mushala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com