Kompas.com - 18/08/2012, 17:37 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

MERAK, KOMPAS.com — Tidak seperti kemarin, Pelabuhan Merak, Banten, pada Sabtu (18/8/2012) sore ini terlihat sepi. Kepadatan penumpang dan kendaraan di pelabuhan sudah berkurang sejak siang tadi.

Berdasarkan pantauan Kompas, tidak tampak lagi ratusan penumpang yang naik ke kapal feri. Tidak tampak pula antrean panjang kendaraan bermotor yang memadati pelabuhan, bahkan sampai keluar pelabuhan.

Kendaraan yang datang sudah bisa langsung masuk ke kapal-kapal feri tujuan Bakauheni, Lampung, yang sandar di dermaga-dermaga pelabuhan.

Berdasarkan data PT ASDP cabang Merak, sejak tujuh hari menjelang Lebaran hingga dua hari menjelang Lebaran, puncak arus mudik terjadi pada Kamis (16/8) atau tiga hari menjelang Lebaran (H-3). Saat itu jumlah penumpang mencapai 121.673 orang, sedangkan jumlah kendaraan mencapai 28.348 unit.

"Setelah H-3, jumlah penumpang dan kendaraan terus berkurang," kata salah satu petugas ASDP.

 

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X