Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Hari Kemerdekaan Ala Onthelis

Kompas.com - 17/08/2012, 12:35 WIB
Ferganata Indra Riatmoko

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Peringatan HUT ke-67 Republik Indonesia disambut meriah oleh berbagai lapisan masyarakat, termasuk di antaranya adalah para pengguna sepeda onthel di Yogyakarta. Sejak sekitar pukul 07.00 WIB, para pengguna sepeda onthel dari berbagai merek mulai berbaris rapi di halaman Museum Perjuangan Yogyakarta, Jalan Kolonel Sugiyono, Yogyakarta, Jumat (17/8/2012).

Bersama sepeda dengan kekhasan masing-masing, para onthelis mulai mempersiapkan diri mengikuti upacara dengan berbaris di samping sepeda mereka. Sejumlah spanduk juga nampak pada upacara tersebut dengan sejumlah tulisan unik seperti salah satunya  "Merdeka Tanpa Polusi".

Sejumlah komunitas yang menjadi peserta upacara tersebut antara lain Podjok, Kodja, dan Rabuk Yuswo. Masing-masing peserta upacara hadir dengan keunikan busana masing-masing komunitas seperti di antaranya dengan busana pejuang lengkap dengan senapannya, busana guru pegawai negeri, serta ada pula yang mengenakan busana tradisional Jawa.

Upacara yang dipimpin oleh Towil dari komunitas Podjok tersebut menggunakan tata cara hampir sama dengan upacara bendera pada umumnya. Dalam amanatnya, Towil mengajak para onthelis untuk memupuk semangat patriotisme melalui sepeda. Towil menegaskan, sepeda onthel merupakan bagian penting dalam kemerdekaan karena turut digunakan para pejuang saat perang kemerdekaan.

Melalui upacara itu, lanjut Towil, diharapkan Pemerintah dapat tergugah hatinya untuk semakin gigih memperjuangkan rakyat karena rakyat kecil pun merayakan peringatan kemerdekaan dengan tulus. Perayaan HUT RI ala onthelis tersebut kemudian diakhiri dengan acara bersepeda keliling kota Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com