Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-3, Pemudik di Gilimanuk Tembus 64.000 Orang

Kompas.com - 17/08/2012, 03:34 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry Persero mencatat jumlah pemudik yang menyeberang dari Pelabuhan Gilimanuk Bali ke Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Jawa Timur telah meningkat signifikan, Kamis (16/8/2012). Namun kondisi penyeberangan masih lancar.

Corporate Secretary PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Christine Hutabarat menjelaskan, berdasarkan data produksi pelabuhan per 24 jam hingga pukul 08.00 WIB kemarin, telah diseberangkan menuju Pulau Jawa sebanyak 64.348 penumpang, 10.496 motor, 3.693 mobil, 640 bus dan 3.246 truk dengan total kendaraan 18.525 unit. Dari data tersebut, peningkatan signifikan pergerakan arus mudik tahun ini sudah diprediksi seblumnya oleh perusahaan akan terjadi malam ini yaitu pada H-2.

Karena itu pihak ASDP sudah terus berkoordinasi dengan operator kapal untuk menyiagakan kapalnya saat arus puncak mudik. "Pada H-3 ini Pelabuhan Gilimanuk sudah mengerahkan 30 kapal untuk melayani pemudik dengan trip sebanyak 472 trip. Hasilnya pemudik tidak harus menunggu terlalu lama untuk diangkut kapal dan H-3 ini tidak ada antrean signifikan" kata Christine di Jakarta, Kamis.

Jika dibandingkan dengan data produksi H-3 Lebaran tahun lalu, terjadi penurunan 9 persen untuk penumpang, 12 persen untuk motor, dan 7 persen untuk kendaraan roda empat atau lebih. Melihat tren penurunan ini, menurut Christine, pada malam H-2 ini akan terjadi peningkatan signifikan pergerakan mudik, "Sehingga kami akan kembali mengerahkan sumber daya dan alat produksi secara maksimal supaya menyeberangkan pemudik dengan aman dan nyaman," katanya.

General Manager Cabang Ketapang Waspada Heruwanto mengatakan bahwa berbagai persiapan dan antisipasi telah dilakukan dan koordinasi secara terus- menerus juga ditingkatkan demi kelancaran dan kenyamanan pengguna jasa seperti penambahan tenda dan loket sepeda motor, penambahan portable toilet. Dengan tambahan 200 personel yang siaga, perseroan telah mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi semaksimal mungkin. "Kami sangat berharap tahun ini akan berjalan lebih baik, kami sudah upayakan yang terbaik," ujar Waspada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com