Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik, Waspadai Aksi Pecah Kaca Mobil

Kompas.com - 16/08/2012, 08:02 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com Jajaran Kepolisian Resor Semarang memprediksi aksi kejahatan dengan modus pecah kaca menjadi ancaman paling serius selama musim arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Kapolres Semarang Ajun Komisaris Besar IB Putra Narendra menyatakan, kejahatan dengan modus pecah kaca paling mendapat perhatian, selain pencurian dengan pemberatan dan pencurian dengan kekerasan selama arus mudik Lebaran. Untuk itu, pihaknya menempatkan petugas di setiap SPBU, minimarket, dan rest area.

"Karena pada arus mudik dan balik ini banyak pemudik yang menggunakan mobil pribadi, maka kami lebih mewaspadai kejahatan dengan modus pecah kaca," ungkapnya, Rabu (15/8/2012) di Posko Induk Lebaran depan Terminal Bawen.

Selain aksi kejahatan bermodus pecah kaca mobil, lanjut Narendra, pihaknya bersama dinas perhubungan juga telah mengantisipasi kejahatan dengan modus pembiusan dengan menyiapkan tim tertutup di terminal.

"Bila melihat adanya kejanggalan pada penumpang bus, hendaknya segera dilaporkan agar dapat segera dilakukan tindakan pencegahannya," kata Kapolres.

Kapolres mengungkap, sejumlah hotel di kawasan Bandungan berpotensi menjadi persinggahan kawanan teroris selama musim Lebaran ini. "Kami sudah berkoordinasi dengan PHRI untuk lebih waspada. Biasanya dalam kondisi seperti ini sering dimanfaatkan para penyusup," ucap Kapolres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com