Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Mudik di Pelabuhan Merak Lancar

Kompas.com - 15/08/2012, 22:14 WIB
Mohamad Final Daeng

Penulis

MERAK, KOMPAS.com -- Empat hari menjelang Lebaran, arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (15/8/2012) malam, ramai dan lancar. Jumlah penumpang yang telah terangkut sejak pukul 8.00 WIB hingga 20.00 WIB mencapai 35.899 orang dengan 5.928 kendaraan.

Suasana pelabuhan ramai dengan didominasi kendaraan roda empat. Namun, hal itu tak sampai menimbulkan antrean panjang.

Antrean masuk ke kapal di kelima dermaga yang tersedia hanya berkisar 100 meter. Meski begitu, kondisi ini telah menunjukkan peningkatan jika dibandingkan dengan arus penumpang dan orang pada hari normal di pelabuhan penyeberangan ke Bakauheni, Lampung, itu. Pada hari biasa, jumlah penumpang hanya mencapai kisaran 25.000 orang.

Petugas Humas PT ASDP Indonesia Ferry, Mario S Oetomo mengemukakan, arus mudik di Merak menunjukkan keramaian pada malam hingga dini hari. Hal itu karena pemudik mengatur waktu agar sampai di kota-kota tujuan di Pulau Sumatera pada siang atau sore.

Pada puncak arus mudik yang diperkirakan terjadi Kamis (16/8/2012), jumlah penumpang diperkirakan bisa mencapai 120 ribuan orang. "Jumlah pemudik diperkirakan meningkat sembilan persen dibandingkan tahun lalu," kata Mario.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com