Kompas.com - 15/08/2012, 21:35 WIB
EditorFarid Assifa

TASIKMALAYA, KOMPAS.com -- Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, memberi toleransi angkutan kota menaikkan tarif saat musim hari raya Lebaran, asalkan tidak ada pihak dari penumpang yang merasa keberatan.
     
Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Kota Tasikmalaya, Aay Zaeni Dahlan, Rabu (15/8/2012) mengatakan secara aturan, pemerintah tidak memberlakukan adanya kenaikkan tarif angkutan dalam kota pada musim Lebaran.
     
"Kalau dinaikkan itu menyalahi aturan. Pada prinsipnya pemerintah tidak menaikkan tarif angkot," katanya.
     
Terkait adanya sejumlah angkot yang memberlakukan tarif baru, Aay memohon pengertian dari masyarakat dan pihak sopir atau pengusaha angkot agar tidak terlalu memberatkan besaran kenaikan tarifnya.
     
Menurut dia, ketika pemerintah tidak mengeluarkan kebijakan menaikan tarif, khawatir menimbulkan kekecewaan sopir angkot yang akhirnya melakukan aksi mogok jalan.

"Kalau angkot mogok semua repot juga," katanya.
     
Sementara itu, Ketua Organda Tasikmalaya Dede T Widarsih mengharapkan pengertian masyarakat tentang kenaikan tarif angkot saat hari raya Lebaran.
     
Angkot yang beroperasi di wilayah Kota Tasikmalaya, kata Dede, tarifnya sudah ditetapkan pemerintah sebesar Rp 2.500 berlaku jauh dekat.
     
"Jadi kalau ada menaikkan tarif saat Lebaran, anggap saja sebagai THR," katanya.

Salah satu angkot yang memberlakukan kenaikan tarif yakni angkot 05 jurusan Pancasila-Parakan Honje (Parhon) sebesar Rp 500 atau menjadi Rp3.000 jauh dekat per penumpang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.