Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Tropis Mendarat di Filipina Utara

Kompas.com - 15/08/2012, 18:14 WIB

MANILA, KOMPAS.com — Badai tropis Kai-Tak mendarat di Provinsi Isabela di wilayah Luzon Filipina utara pada Rabu (15/8/2012) pagi dan sekarang melintasi utara Luzon, kata Badan Layanan Atmosfer, Geofisika, dan Astronomi Filipina (PAGASA).

Sampai dengan Rabu pukul 07.00 waktu setempat, badai tropis yang disebut Helen oleh penduduk setempat terlihat di 45 kilometer tenggara kota Tuguegarao, Provinsi Cagayan.  Angin berkelanjutan maksimum dekat pusat mencapai 85 kilometer per jam.

Biro cuaca negara telah meningkatkan jumlah sinyal badai dua dari 16 provinsi di Luzon.  Daerah ini mungkin mengalami angin 60-100 kilometer per jam dalam 24 jam ke depan.

Dewan Pengurangan Bencana dan Risiko Nasional serta Manajemen mengatakan sebelumnya, badai Kai-Tak telah mengklaim korban pertamanya di Provinsi Pangasinan. Korban berumur 37 tahun menderita kejang epilepsi kemudian jatuh ke sawah yang banjir di Sitio Pinalapa di kota Basista, Senin (13/8/2012).

Sejak Selasa, hujan sedang sampai deras ditambah angin kuat menghantam Pangasinan, Zambales, Bataan, Tarlac, dan Pampanga di Luzon Tengah, termasuk wilayah ibu kota negara. Nelayan dan perahu kecil lainnya disarankan untuk tidak menjelajah ke dalam laut Luzon Tengah dan Selatan karena cuaca buruk.

PAGASA memperkirakan badai tropis akan meninggalkan negara itu pada Kamis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com