Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkutan Umum Kendal Aman bagi Pemudik

Kompas.com - 15/08/2012, 17:29 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com -- Ratusan angkutan umum di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, diuji emisinya oleh petugas dari Dinas Perhubungan Kendal, Rabu (15/8/2012).

Pengujian emisi dilakukan di semua terminal di Kendal, antara lain Terminal Boja, Weleri dan Sukorejo. Dari hasil uji emisi itu, semua angkutan umum yang berbahan bakar bensin masih dalam ambang batas aman.

"Batas aman gas buangnya maxsimal 4,5 persen untuk angkutan berbahan bakar bensin. Sedang untuk bahan bakar solar maksimal 60 persen. Dari hasil uji emisi, semuanya di bawah batas ambang aman tersebut," kata Kepala Dinas Perhubungan Kendal, Subarso.

Selain uji emisi, Dinas Perhubungan juga memeriksa rem, lampu, dan roda angkutan umum. Tujuannya agar para penumpang aman dan nyaman selama berada di angkutan umum.

"Keselamatan penumpang sangat penting. Jangan sampai hanya karena ban atau rem terjadi kecelakaan," tambahnya.

Ketua Paguyuban Bus Mini Roda Jaya Jurusan Boja-Semarang, Abdul Rojak menyatakan sangat mendukung uji emisi dan pengecekan perlengkapan angkutan umum yang dilakukan Dinas Perhubungan. Kegiatan itu bisa membuat penumpang merasa aman dan nyaman.

"Kalau kondisi angkutan bagus, sopirnya juga aman," akunya.

Dia berharap, uji emisi dan pengecekan perlengkapan angkutan terus dilakukan secara rutin, sehingga kecelakaan yang diakibatkan rem blong, ban tipis atau lampu mati, bisa dicegah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com