Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik dari Bandara Sepinggan Akan Naik 10-12 Persen

Kompas.com - 15/08/2012, 16:27 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

     

 

BALIKPAPAN, KOMPAS.com-Lonjakan arus pemudik yang berangkat dari Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur diperkirakan meningkat 10-12 persen dibandingkan saat liburan Lebaran tahun 2011.

Hal itu dikatakan Humas PT Angkasa Pura I Bandara Sepinggan Abdullah Husin, Rabu (15/8/2012). "Peningkatan jumlah penumpang di Sepinggan mulai terasa H-9 atau Jumat pekan lalu. Sejak H-9, kami mencatat sudah ada lonjakan, karena dalam satu hari ada lebih 9.000 penumpang. Biasanya dalam sehari tercatat 8.000 penumpang berangkat," katanya.

Saat Lebaran 2011, pada rentang H-9 hingga H+7, pemudik yang berangkat dari Bandara Sepinggan sebanyak 141.139 orang. Jumlah tersebut diperkirakan meningkat 10-12 persen pada Lebaran kali ini, seiring sejumlah penambahan jumlah rute penerbangan yang dilakukan maskapai.

Lion Air, misalnya, menambah jadwal penerbangan tujuan Balikpapan-Makassar dan Balikpapan-Surabaya. Jika biasanya ada satu kali sehari jadwal penerbangan Balikpapan-Makassar, maka sejak Selasa kemarin hingga 2 September, ditambah satu kali lagi. Adapun rute Balikpapan-Surabaya, sejak 10 Agustus lalu hingga 2 September, juga ditambah, yakni dari enam kali sehari, menjadi tujuh kali.

    

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com