Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-5, Pemudik di Pelabuhan Merak Tembus 54.000 Orang

Kompas.com - 15/08/2012, 10:30 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki H-5 Operasi Angkutan Lebaran tahun 2012 di Pelabuhan Merak PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), jumlah pengguna jasa semakin meningkat. Bahkan peningkatan jumlah pemudik melebihi jumlah pemudik di hari sebelumnya.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Christina Hutabarat menjelaskan data produksi harian pada pukul 08.00WIB sejak tanggal 14 Agustus 2012 hingga pukul 08.00 WIB tanggal 15 Agustus 2012 untuk arus mudik dari Pelabuhan Merak menunjukkan, jumlah pengguna jasa mencapai 54.711 orang untuk penumpang, roda 2 sebanyak 3.411 unit, kendaraan kecil 5.649 unit, bus 408 unit, truk 1.250 unit, jumlah kendaraan R-4 sekitar 7.307 unit.

"Sehingga total kendaraan 10.748 unit dengan 28 kapal beroperasi dan capaian 99 trip," tambahnya.

Untuk mengantisipasi agar perjalanan mudik aman dan lancar, PT ASDP Indonesia Ferry telah memberikan pelayanan maksimal dengan menambah loket penumpang menjadi 9 loket dan 10 loket untuk pengendara roda dua.

Selain itu, untuk memberikan kelancaran arus kendaraan, waktu bongkar muat dipercepat dari 60 menit menjadi 40 menit. Menurut Christina, perjalanan arus mudik yang aman dan lancar ini juga tidak terlepas dari kerjasama petugas dengan pengguna jasa. Strategi pengaturan kendaraan di lapangan didukung oleh kerjasama pengguna jasa yang mematuhi instruksi petugas sehingga arus kendaraan berjalan lancar.

"Pengguna jasa pun dihimbau untuk tetap berhati-hati baik di pelabuhan maupun di dalam kapal. Kendaraan harus dalam keadaan aman, rem tangan kuat dan terkunci sehingga gelombang tidak membuat kendaraan bergerak. Dan demi keselamatan, penumpang dilarang berada di area car deck," tambahnya.

Dan untuk menghindari kepadatan kendaraan pada puncak arus mudik yang diprediksi akan terjadi pada H-3 dan H-2, pengguna jasa dihimbau untuk melakukan perjalanan di pagi hingga sore hari. Kepadatan kendaraan khususnya roda dua akan mengakibatkan gangguan kesehatan khususnya bagi balita. Karenanya, pengguna jasa dihimbau untuk lebih bijak mengambil keputusan terkait waktu keberangkatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com