Kompas.com - 12/08/2012, 15:10 WIB
EditorMarcus Suprihadi

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com- Penjualan belalang goreng dan bacem di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meningkat sejak beberapa hari terakhir.

"Mulai Sabtu (11/8/2012) penjualan belalang goreng meningkat hingga 10 persen dari hari biasa. Peningkatan ini karena perantau asal Gunung Kidul mulai berdatangan atau mudik Lebaran. Mereka biasanya ingin menikmati belalang goreng atau belalang bacem," kata salah seorang penjual belalang goreng, Kunanto (42), di Gunung Kidul, Minggu.

Ia mengatakan, menjelang dan saat libur Lebaran, penjualan belalang goreng meningkat 200 persen, bahkan lebih dari hari-hari biasa. "Seberapa pun persediaan belalang goreng, pasti habis," katanya.

Ia mengatakan, warga Gunung Kidul yang merantau atau wisatawan yang berkunjung ke daerah ini pasti menyempatkan membeli belalang goreng atau belalang bacem, sehingga seberapa pun persediaan belalang pasti habis terjual.

Menurut dia, pembeli biasanya menyukai belalang goreng yang gurih dan dimasak di tempat. Untuk itu, dirinya menyediakan alat penggorengan dan bumbu seperti bawang putih, garam, serta penyedap rasa.

"Pembeli biasanya senang makan di sini. Katanya kalau dibawa pulang rasanya sudah beda. Mereka sekaligus menikmati pemandangan alam di sekitar jalan Mijahan yang kawasannya berbatu," katanya.

Harga belalang goreng, kata Kunanto, Rp 500-Rp800 per belalang saat Lebaran. Pada hari-hari biasa, harganya hanya Rp 20.000 per renteng yang terdiri atas 56 ekor belalang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut dia, saat ini belalang di Gunung Kidul sangat sulit didapatkan. Dia mengaku harus mencari belalang ke wilayah Pantai Trisik, Kabupaten Kulon Progo.

"Sejak dua tahun lalu belalang yang ada di Gunung Kidul sudah semakin sedikit. Jadi, kami mencari belalang ke Kulon Progo, khususnya di sepanjang Pantai Trisik, dan kawasam persawahan di Temon dan Panjatan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.