Kompas.com - 11/08/2012, 22:29 WIB
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Palang Merah Indonesia, Jusuf Kalla mengungkapkan Organisasi Konferensi Islam (OKI) dan pemerintah Myanmar sepakat untuk menyediakan 8.000 rumah bagi pengungsi Rohingya. Pengungsi Rohingya juga akan direlokasi dan direhabilitasi ke tempat yang lebih layak.

"OKI dan Myanmar sepakat untuk merehabilitasi korban dan merelokasi ke tempat yg lebih baik. Delapan ribu rumah akan dibangun bagi pengungsi Rohingya," ujar Jusuf Kalla di Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, setibanya dari Myanmar, Sabtu (11/8/2012).

Kalla bertolak ke Myanmar setelah menghadiri pertemuan Organisasi Konferensi Islam (OKI) di Kuala Lumpur, Malaysia. Dalam pertemuan OKI tersebut diambil keputusan untuk mencari jalan keluar penyelesaian masalah muslim Rohingya di Myamar. Penyelesaian masalah tersebut tidak hanya menyangkut penyelesain dalam tempo dekat saja, namun juga yang akan datang agar permasalahan serupa tidak terulang.

Di Myanmar, Jusuf Kalla sebagai perwakilan dari Indonesia didampingi oleh Wakil Sekertaris Jendral OKI, Hatta Abdul Manan dan wakil dari negara Islam lainnya.

Kalla menambahkan, sejumlah harapan OKI yang disampaikan kepada pemerintah Myanmar disambut baik. Awalnya, sempat muncul kekhawatiran pemerintah Myanmar akan bersikap tertutup terhadap kunjungan OKI. Misalnya, pemerintah Myanmar mengizinkan tim dari anggota OKI terlibat dalam proses rehabilitasi dan relokasi.

"Pemerintah Myanmar bersikap terbuka dan menyambut kami dengan baik. Selain itu, pemerintah Myanmar turut pula memenuhi semua usulan dari kami untuk membantu pengungsi Rohingya," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.