Kompas.com - 10/08/2012, 22:45 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

NAYPYITAW, KOMPAS.com - Presiden Myanmar, Thein Sein, menyatakan sangat senang dan terbuka menerima bantuan asing terkait kasus Rohingya.

Myanmar siap memfasilitasi bantuan, agar disalurkan kepada kelompok masyarakat sasaran yang telah menjadi korban.

Hal itu diungkapkan Sein dalam pertemuan tertutup dengan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, Jumat (10/9/2012) petang di kantor Presiden Myanmar di Naypyitaw. Kota ini terletak empat jam perjalan darat atau satu jam terbang dari Yangoon.

Jusuf Kall mengatakan, dari penjelasan Sein diketahui bahwa Myanmar tidak tertutup terhadap bantuan asing seperti yang diisukan selama ini. Sein juga meminta pandangan dan pendapat, bagaimana supaya konflik itu tidak berlanjut atau berakhir damai.

"Saya katakan, berdasarkan pengalaman kita di Ambon dan Poso, kehidupan masyarakat yang terlibat konflik harus diharmoniskan, disatukan lagi. Itu harus didorong," kata Kalla.

Kasus kriminal yang berujung konflik sektarian di Rakhine, yakni pertikaian antara etnis Rohingya beragama Islam dan etnis lokal beragama Buddha, terjadi pada Juni lalu. Diawali kasus perkosaan, lalu diikuti pembunuhan sebagai balas dendam.

Menurut Jusuf Kalla, bantuan kepada masyarakat di Rakhine tidak boleh bersifat sektarian pula. Lembaga asing, atau negara mana pun, termasuk dari negara Muslim, agar memberikan bantuan tidak hanya kepada warga etnis Rohingya, tapi juga etnis lain yang menjadi korban pertikaian bernuansa SARA itu.

Pendekatan harmoni harus didorong sebagai kunci bagi penyelesaian kasus. Hal itu pula yang diharapkan Sein dalam pertemuan dengan Jusuf Kalla.

Sein berharap, Indonesia dapat berperang membantu Myanmar agar bisa menjelaskan kepada komunitas internasional, tentang duduk persoalan di Rakhine itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.