Kompas.com - 10/08/2012, 22:27 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

NAYPYITAW, KOMPAS.com — Presiden Myanmar Thein Sein memberikan akses yang luas bagi Ketua Umum PMI Jusuf Kalla untuk mengunjungi warga Rohingya di Rakhine, Myanmar. Sein memandang JK sebagai salah satu tokoh netral di ASEAN, yang bisa menyejukkan keadaan.

Ketika menerima Jusuf Kalla dan rombongan di Napypyitaw, Jumat (10/9/2012) petang, Sein menjelaskan, insiden Rohingya tak ada kaitan dengan konflik etnis dan agama, tetapi kriminal.

Pertemuan dilakukan tertutup selama lebih kurang 30 menit, seperti dilaporkan wartawan Kompas, Pascal S Bin Saju dari Naypyitaw.

Mantan Wakil Presiden RI itu antara lain didampingi Hamid Awaludin dan Dubes RI untuk Myanmar Sebastianus Sumarsono. Asisten Deputi Sekjen OKI, Atta El-Manan Bakhit, juga hadir dalam pertemuan itu.

"Sein menjelaskan, kasus Rohingya dimulai pada Juni lalu, yang terjadi di antara beberapa anak muda. Lalu ada aksi saling balas, dan terus meluas," kata Jusuf Kalla, seusai pertemuan.

Menurut Jusuf Kalla, Sein menyayangkan berita di situs jejaring sosial yang terlalu membesar-besarkan fakta. Pemerintah Myanmar dipojokkan oleh berita-berita yang menyesatkan.

Untuk membuktikannya, Sein memberi akses kepada Jusuf Kalla untuk mengunjungi warga Rohingya di Sittwe, ibu kota Negara Bagian Rakhine.

Dengan demikian, Jusuf Kalla menjadi tokoh asing pertama, yang diizinkan melihat langsung kondisi daerah konflik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan Video Lainnya >

    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.