Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ODHA Tetap Ada di Timnas Indonesia

Kompas.com - 10/08/2012, 20:46 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com -- Indonesia memastikan diri untuk berpartisipasi dalam event street soccer internasional, Homeless World Cup 2012 di Meksiko, Oktober mendatang. Seperti partisipasi perdana tahun sebelumnya, pemain yang positif HIV tetap menjadi komposisi tim.

Hal tersebut dipastikan oleh manajer timnas Indonesia, Febby Arhemsyah, dalam acara temu media sembari berbuka puasa di Bandung, Jumat (10/8/2012). Komposisinya adalah empat ODHA (orang dengan HIV/AIDS), satu orang peserta terapi metadon, dan tiga orang dari komunitas miskin kota. Komposisi ini tidak jauh berbeda dengan tim yang berpartisipasi di tahun sebelumnya di Paris, Perancis.

"Kami tetap dengan isu yang kami bawa tahun lalu, meningkatkan kesadaran publik mengenai HIV," kata Febby.

Para pemain timnas street soccer berasal dari berbagai daerah, yakni Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Manajer dan Pelatih berasal dari Jawa Barat.

Homeless World Cup merupakan kompetisi street soccer yang sudah berlangsung sejak tahun 2003 di Austria. Salah satu misinya adalah menggunakan sepak bola untuk mempersatukan tunawisma dari seluruh dunia untuk program perbaikan. Sejak partisipasi di Paris tahun 2011, Indonesia membuat kejutan dengan memboyong pemain ODHA dan keluar dengan peringkat keenam, menjadi pendatang baru terbaik dan kapten tim, Ginan Koesmayadi, menjadi pemain terbaik.

Penyelenggaraan tahun 2012 akan dilakukan tanggal 6-14 Oktober. Menurut jadwal, persiapan bakal digelar hingga pertengahan September 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com