Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"ATM" Panggilan Keliling ke Pelosok Daerah

Kompas.com - 10/08/2012, 15:52 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

PINRANG, KOMPAS.com - Untuk memudahkan transaksi keuangan para nasabah yang meningkat tajam terutama menjelang dan pada saat Lebaran nanti, disikapi sejumlah bank swasta dan pemerintah di Pinrang, Sulawesi selatan dengan cara bersaing memberi pelayanan prima kepada nasabahnya.

Bank BRI misalnya meluncurkan ATM panggilan. Layanan ini diperuntukan untuk nasabah yang sulit mengakses pekayanan bank di pelosok-pelosok desa dan tempat-tempat yang sulit lainnya. Beragam transaksi keuangan bisa dilakukan melalui ATM Panggilan ini mulai dari menarik tunai dengan aman karena dikawal security, sampai mentransfer uang atau membayar tunggakan listrik semua bisa dilakukan nasabah dengan mudah.

Petugas bank BRI cabang Pinrang, Zulkifli Subangkit yang ditemui di salah satu pojok jalan di Pinrang, Jumat (10/8/2012) menyebutkan, layanan baru kepada nasabah ini tak berbeda dengan apa yang dilakukan di kantor cabang dan kantor pusat. Semua jenis transaksi keuangan untuk melayani nasabah bisa dilakukan di ATM Panggilan.

"Ini salah satu komitmen BRI untuk terus memberi dan menyediakan layanan perbankan kepada nasabahnya. ATM berjalan ini kita berharap tak ada lagi nasabah yang kesulitan mengakses jasa bank hanya karena alasan pelayanannnya lama karena harus antri," ujar Zulkifli Subangkit.

Namanya juga ATM Panggilan, tempat operasinya terus berpindah-pindah tempat di lokasi mana saja nasabah membuntuhkan pelayanan cepat.

Abdul Rahim, nasabah bank BRI Pinrang mengaku kini sangat terbantu dengan layanan ini. Abdul Rahim kini tak lagi perlu repot mengantre di ATM atau di kantor cabang hanya untuk melakukan sejumlah transaksi keungan seperti menarik tunai atau membayar tunggakan listrik dan telepon karena semua bisa dilaksanakan di ATM Panggilan ini.

"Saya lebih suka bertransaksi langsung di ATM panggilan daripada ke kantor cabang, pelayanannya lebih personal dan komunikasi dnegan petugas bank bisa lebih mudah karena jumlah nasabah tdak banyak yang bertransaksi," ujar Abdul Rahim.

Para nasabah juga bisa dipandu menggunakan internet atau SMS banking oleh petugas bank. Pelayanan ini memungkinkan siapa saja nasabah bisa bertransaksi cukup menggunakan ponsel, semua jenis jasa keuangan bisa dilakukan kecuali tarik tunai.

Rencananya, ATM berjalan menggunakan mobil akan terus digencarkan terutama menjelang Lebaran dan pada saat Lebaran nanti agar nasabah bisa bertransaksi kapan dan di mana saja tanpa harus mendatangi kantor-kantor bank, tempat mereka menabung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com