Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pipa Solar PLTU Makassar Bocor

Kompas.com - 10/08/2012, 13:29 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com -- Pipa yang mengaliri solar ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tello di Jalan Abdullah Daeng Sirua, Kecamatan Panakukang, Makassar tepatnya di depan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Inpres Tamamaung mengalami kebocoran, Jumat (10/08/2012).

Masyarakat sekitar beramai-ramai menyaring solar dari dalam selokan yang berasal dari pipa-pipa yang bocor itu. Ardi (35) tukang ojek, warga Jalan Ance Daeng Ngoyo, Makassar mengatakan dirinya ikut-ikutan menyaring solar yang meluap dari dalam pipa yang bocor. Menurutnya, solar meluap akibat kebocoran pipa yang terjadi dari pukul 21.00 Wita malam.

"Saya ikut saja ini pak, banyak warga menyaring solar dari selokan. Kamis malam pukul 21.00 Wita pipa milik PLTU bocor, tiba-tiba meluap solar dari pipa tersebut," jelasnya.

Suraji, bagian operasional PLN Sektor Tello yang berada di lokasi kebocoran pipa menjelaskan, kebocoran terjadi tengah malam. Pihaknya baru mengetahuinya setelah pukul 06.00 Wita. Pipa yang bocor merupakan pipa yang mengaliri bahan bakar solar ke gardu induk PLTU Tello.

Pipa sepanjang 11 km yang berawal dari Kecamatan Ujung Tanah ke gardu PLTU Tello itu dibangun sekitar tahun 1996. Makanya, Suraji memaklumi pipa bakal mudah bocor karena usianya sudah lapuk.

"Pipa ini sudah lama. Kebocorannya kemungkinan karena faktor usia pipa, juga karena seringnya terguncang akibat getaran-getaran injakan mobil bermuatan berat yang sering melintas di jalan tersebut. Dari kejadian ini, pihak PLTU Tello menurunkan anggota untuk melakukan penyaringan solar yang tertuang ke dalam selokan. Hal itu untuk meminimalisir tingkat kerugian dan pencemaran air selokan yang dekat pemukiman warga," ungkap Suraji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com