Kompas.com - 10/08/2012, 01:05 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

PALU, KOMPAS.com — Transaksi penukaran uang yang dilakukan masyarakat di Bank Indonesia Sulawesi Tengah, Kamis (9/8/2012), mencapai Rp 1,98 miliar. Menurut Deputy Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah, Wuryanto, selain penukaran uang dilakukan di kantor BI, masyarakat juga dapat menukarkan uang baru di bank-bank besar lainnya.

"Termasuk pelayanan kas keliling, kita setiap hari sejak 6 hingga 16 Agustus ini melakukan pelayanan kas keliling di beberapa instansi. Tadi jadwal kita di beberapa instansi, termasuk ke kantor gubernur. Namun, belum sampai kantor gubernur sudah habis. Sekarang balik lagi untuk ambil dananya," kata Wuryanto.

Menurut Wuryanto, modal kerja untuk satu instansi Rp 100 juta. Selain pelayanan kas keliling di instansi, Bank Indonesia Sulawesi Tengah (BI Sulteng) juga melakukan kas keliling di pasar-pasar tradisional, termasuk juga di pasar Ramadhan. Soal pembatasan penukaran uang kartal, Wuryanto pun membantah. "Bukan pembatasan, melainkan pemerataan. Kasihan masyarakat lain kalau tidak kebagian," kata Wuryanto.

Untuk kebutuhan uang masyarakat Sulteng menjelang Lebaran dan cuti bersama, di saat kantor perbankan juga libur, BI Sulteng sudah menyiapkan dana sebesar Rp 800 miliar atau naik 22,7 persen dibandingkan tahun lalu.  "Tidak ada masalah terhadap dana masyarakat ketika cuti bersama nanti. Mereka tetap terlayani melalui transaksi langsung lewat anjungan tunai mandiri," ujar Wuryanto. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.