Kompas.com - 09/08/2012, 21:48 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

TEGAL, KOMPAS.com - Transaksi penukaran uang di Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tegal menjelang Lebaran 2012, meningkat bila dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Berdasarkan data Perwakilan BI Tegal, Kamis (9/8/2012) ini, nilai transaksi penukaran uang bulan Agustus (hingga tanggal 7) di kantor Perwakilan BI Tegal mencapai Rp 11,2 miliar, sedangkan pada bulan Juli mencapai Rp 13,6 miliar.

Jumlah itu jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan transaksi penukaran uang pada bulan-bulan sebelumnya. Pada bulan Juni, transaksi penukaran uang di kantor BI Tegal sekitar Rp 6,7 miliar. Sementara pada bulan-bulan sebelumnya (Januari hingga Mei), transaksi penukaran uang hanya berkisar antara Rp 3,9 miliar hingga Rp 5,6 miliar per bulan.

Kepala Perwakilan BI Tegal, Yoni Depari, mengatakan, peningkatan transaksi penukaran uang mulai terlihat sejak Juni. Nilai pecahan yang paling banyak ditukar oleh masyarakat yaitu Rp 10.000, Rp 20.000, dan Rp 5.000.

Untuk mengantisipasi peningkatan nilai transaksi penukaran uang, Perwakilan Bank Indonesia Tegal menambah hari pelayanan penukaran uang.

Pada bulan-bulan biasa, penukaran uang hanya berlangsung setiap Senin dan Kamis, namun sejak 23 Juli hingga 16 Agustus, pelayanan penukaran uang berlangsung setiap hari Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.