Kompas.com - 09/08/2012, 21:11 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

BANDUNG, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat menginstruksikan agar kendaraan umum yang mengangkut para pemudik menuju kampung halaman pada lebaran 2012 dipersiapkan dengan baik agar laik jalan. Untuk memastikan itu, pihaknya juga menyiapkan beberapa strategi mulai stiker kelaikan jalan hingga pemeriksaan kepada pengendara.

Hal tersebut diutarakan Kepala Dishub Jabar, Dicky Saromi, di Bandung, Kamis (9/8/2012). Sebanyak 6.605 unit bus antar kota antar provinsi (AKAP) maupun antar kota dalam provinsi (AKDP) bakal beroperasi selama arus mudik lebaran di wilayah Jawa Barat.

"Untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan penumpang, kami harus memastikan kelaikan jalan dari masing-masing kendaraan," kata Dicky.

Salah satu upaya yang diambil adalah pengujian di terminal untuk memeriksa kelaikan kendaraan. Beberapa hal yang diinspeksi seperti rem, kopling, maupun kelengkapan keselamatan lainnya. Dishub bahkan menyiapkan stiker yang akan ditempelkan ke badan bus yang selesai menjalani pemeriksaan agar penumpang bisa yakin untuk menumpang di kendaraan yang layak jalan.

Selain itu, pemeriksaan juga dilakukan untuk pengemudi kendaraan. Dishub berencana untuk menggandeng Dinas Kesehatan untuk memeriksa kondisi sopir melalui tes urine. Dengan demikian, kondisi pengemudi sewaktu membawa kendaraan berisi para pemudik juga bisa dijamin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.