Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta Jelajah Sepeda Bali-Komodo Mulai Latihan

Kompas.com - 06/08/2012, 21:15 WIB
Tjahja Gunawan Diredja

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peserta Kompas jelajah sepeda Bali-Komodo, mulai latihan bersama di trek sepeda jalan raya di kawasan Perumahan Alam Sutera, Tangerang Selatan, setiap hari Sabtu sore. Latihan sudah dilakukan dua kali tanggal 28 Juli dan 4 Agustus 2012 lalu. Latihan tersebut diikuti sekitar 40 orang calon peserta dari Kompas Gramedia Cyclist (KGC).

Menurut Jannes Eudes Wawa, Ketua Panitia Kompas Jelajah Sepada Bali-Komodo, latihan ini merupakan bagian dari proses seleksi bagi anggota KGC yang akan diikutsertakan dalam jelajah sepeda.

“Jumlah peserta dari KGC yang akan ikut serta dalam jelajah sepeda kali ini hanya 17 orang, sedangkan sisanya dari perwakilan-perwakilan komunitas sepeda dan dari Pertamina yang semuanya berjumlah sekitar 80 orang,” ujar Jannes, di sela-sela latihan sepeda di Alam Sutera, minggu lalu.

Jelajah Sepeda merupakan bagian dari agenda Kompas untuk mengampanyekan lingkungan yang bersih dan sehat. Termasuk ikut memanggungkan potensi wisata dan ekonomi serta budaya daerah agar diketahui publik.

Kegiatan jelajah sepeda sudah menjadi agenda tahunan Harian Kompas. Sampai saat ini Kompas sudah tiga kali menyelenggarakan perjalanan sepeda jarak jauh, antara lain: Ekspedisi Anyer-Panarukan (tahun 2008), Jelajah Sepeda Surabaya-Jakarta (tahun 2010), dan Jelajah Sepeda Jakarta-Palembang (tahun 2011).

Menurut Jannes, jelajah Sepeda ini akan mengelilingi Pulau Bali, dan dari Pulau Bali menuju Komodo melewati Pulau Lombok dan Sumbawa di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan jarak sekitar 650 kilometer. Jelajah ini melewati jalan-jalan utama dan sejumlah obyek wisata terkemuka, sehingga akan ikut mempromosikan potensi daerah setempat.

Selain kegiatan latihan, calon peserta dari KGC akan menjalani serangkain tes kesehatan seperti yang sudah dilakukan pada kegiatan jelajah sepeda tahun-tahun sebelumnya. Jelajah sepeda Bali-Komodo akan dilaksanakan tanggal 18-24 September 2012 yang dibagia dalam tujuh etape.

Menurut Marta Mufreni, mantan altet sepeda yang akan menjadi Road Captain dalam jelajah sepeda Bali-Komodo, pentingnya latihan bersama adalah untuk melatih kekompakan tim sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh peserta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com