Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden: Berantas Impor Sapi Ilegal

Kompas.com - 06/08/2012, 20:44 WIB
Hindra Liauw

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta aparat keamanan, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Pertanian untuk memberantas impor sapi ilegal. Tindakan membawa sapi masuk ke Indonesia secara diam-diam telah merugikan industri dalam negeri.

"Yang ilegal-ilegal harus kita berantas! Lakukan investigasi! Jangan membiasakan diri dengan yang ilegal-ilegal karena menyusahkan kita semua," kata Kepala Negara seusai memimpin rapat koordinasi di Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (6/8/2012).

Pada kesempatan itu, Presiden juga mengatakan bahwa pemerintah Indonesia berkomitmen mengurangi impor sapi pada 2014. Pengurangan dilakukan secara bertahap. Pada 2011, Indonesia telah mengurangi 30 persen impor sapi.

Secara terpisah, Menteri Pertanian Suswono mengatakan, dirinya telah memerintahkan direktur jenderal terkait serta badan karantina untuk membantu upaya pencegahan impor sapi ilegal. Suswono mengatakan, impor sapi ilegal yang dilakukan baru-baru ini berkaitan dengan perayaan Idul Fitri 2012. Pada saat ini, permintaan masyarakat atas daging sapi melonjak dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com