Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terminal Kalideres Siapkan 200 Bus Cadangan

Kompas.com - 06/08/2012, 20:01 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Terminal Kalideres, Jakarta Barat, diprediksi akan mencapai puncaknya pada H-3 Lebaran, yang bertepatan pada Jumat, 16 Agustus 2012. Dua ratus bus cadangan pun disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik.

"Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihak Terminal Kalideres telah menyiapkan 200 armada bus cadangan," kata Kepala Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kalideres Hengky Sitorus, di Jakarta, Senin (6/8/2012) sore.

Hengky menambahkan, bus cadangan tersebut akan mendukung 300 bus reguler yang sudah tersedia di Terminal Kalideres. Penambahan tersebut ditujukan untuk mengatasi lonjakan pemudik setiap tahunnya.

Menurut catatan Kantor Kepala Terminal Bus AKAP itu, tahun 2011 jumlah pemudik berjumlah 54.648 orang. Menurutnya, Jumlah tersebut akan naik sekitar 3-4 persen.

Tahun ini jumlah pemudik diprediksi meningkat sekitar lima persen, kemungkinan di atas 60.000 orang. Untuk tarif bus, Hengky mengungkapkan, harganya masih sesuai dengan keputusan Kementerian Perhubungan tahun 2009.

Untuk tarif batas atas Rp 139 perkilometer dan batas bawah Rp 86 kilometer untuk tujuan Sumatera, Jawa, dan Bali untuk kelas ekonomi AC. Tetapi untuk kelas bisnis dan eksekutif mengikuti harga pasar.

"Untuk di Terminal Kalideres, menjelang Lebaran, rata-rata sehari pengunjung yang datang ke terminal sekitar seribu orang yang keluar masuk," kata Hengky.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com