Kompas.com - 06/08/2012, 15:42 WIB
Penulis Priyombodo
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA. KOMPAS.com — Ratusan warga mengantre di tenda yang telah disediakan untuk dapat menukarkan uang pecahan kecil baru di Lapangan Parkir IRTI, Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Senin (6/8/2012).

Sebanyak 10 bank, termasuk Bank Indonesia, dengan menggunakan mobil siap melayani masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk menukarkan uang guna keperluan hari raya Idul Fitri 1433H. Kegiatan kas keliling tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan BI sejak tahun 2008 dan kini diramaikan dengan dukungan sembilan bank lainnya, di antaranya BCA, Mandiri, BRI, Bank Jabar, Bank DKI, BTN, CIMB-Niaga, serta Bank Permata.

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Gubernur BI Ronald Waas mengunjungi lokasi tempat penukaran uang. Ronald beserta rombongan melakukan kunjungan langsung ke mobil-mobil layanan kas keliling untuk melihat langsung proses transaksi sekaligus mengenalkan uang elektronik kepada masyarakat. 

Selain dapat menukarkan uang pecahan kecil, masyarakat juga dapat menukarkan uang elektronik (e-money) secara cuma-cuma. Adapun e-money yang ikut berpartisipasi adalah Flazz, Mandiri Pre-Paid (E-Toll/Indomart Card/Gazz Card), Brizzi, dan BNI Pre-Paid. Hal itu dilakukan agar akseptansi masyarakat terhadap e-money semakin meningkat. 

Sesuai dengan proyeksi BI, kebutuhan uang tunai pada Lebaran 2012 adalah Rp 89 triliun yang terdiri dari uang pecahan besar senilai Rp 81,1 triliun dan uang pecahan kecil Rp 8,3 triliun.

Menurut data BI, selama periode kas keliling di Monas yang telah dilakukan sejak 23 Juli 2012, jumlah penukar sekitar 2.700 orang dengan rata-rata penukar 400 orang per hari dengan nilai total penukaran Rp 6,6 miliar. Jumlah itu akan terus meningkat sampai akhir minggu ketiga Ramadhan. Antusias warga yang menukarkan uang dibarengi dengan layanan serta pengamanan dari petugas polisi sehingga kegiatan tersebut berlangsung tertib dan aman.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.