Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tukar Uang Pecahan Baru, Warga Serbu Monas

Kompas.com - 06/08/2012, 15:34 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyongsong Lebaran, Bank Indonesia membuka pelayanan penukaran uang di parkir Monumen Nasional (Monas). Proses penukaran telah dibuka sejak 23 Juli 2012 dan banyak dikunjungi warga. Untuk memperlancar penukaran, selain mobil penukaran uang BI, terdapat juga beberapa stan bank besar seperti Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Central Asia, Bank Rakyat Indonesia, dan PT Bank Permata.

Warga sangat antusias mendatangi tempat penukaran uang ini. Antrean panjang tampak di beberapa stan penukaran uang. Selain membawa uang tunai, masyarakat juga bisa menggunakan kartu anjungan tunai mandiri (ATM).

Andre, warga Bekasi, mengaku berterima kasih dengan program Bank Indonesia ini, sebab mempermudah mendapatkan pecahan uang dengan nilai nominal lebih kecil yang akan dibagikan kepada keluarganya di kampung.

"Rencananya uang ini akan saya bawa pulang ke Magelang buat dibagikan sanak saudara," ujar Andre di parkiran Monas, Jakarta, Senin 6 Agustus 2012.

Walaupun harus mengantri cukup lama, beberapa pengunjung mengaku acara yang dilakukan Bank Indonesia ini mampu melayani kebutuhan masyarakat terhadap kebutuhan uang tunai. "Saya sering gunakan kartu kredit, tapi untuk pulang kampung, saya perlu bawa banyak recehan," ujar Wati, yang berencana akan menggunakan uang pacahan uang tunai tersebut saat mudik ke Kediri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com