Kompas.com - 06/08/2012, 14:53 WIB
|
EditorRusdi Amral

KUDUS, KOMPAS.com — Perajin batik di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, membuat inovasi baru berupa mukena dan sajadah batik. Hal itu bertujuan untuk mengenalkan dan melestarikan batik Kudus serta memperkaya motif mukena dan sajadah.

Pembatik Muria Batik Kudus, Yuli Astuti, Jumat (6/8/2012), mengatakan, para pembatik mengembangkan dua jenis mukena batik. Ada mukena yang atasan dan bawahan di batik dan ada pula mukena yang atasannya bordir dan bawahan berupa kain batik.

Pengerjaannya menggunakan teknik batik tulis. Motifnya beragam, mulai dari motif kaligrafi, menara Kudus, dan parijoto atau buah khas Pegunungan Muria Kudus.

"Harganya mulai dari Rp 200.000-Rp 850.000 per setel. Lantaran baru diperkenalkan, kami baru memproduksi sebanyak 25 mukena yang dipesan dari Jakarta, Lampung, dan Kudus sekitarnya," kata Yuli.

Adapun sajadah, kata Yuli, telah diproduksi para pembatik sejak setahun lalu. Tekniknya bisa batik cap atau tulis dengan motif masjid, menara Kudus, dan kaligrafi.

Peminatnya cukup banyak, terutama dari Jakarta dan Lampung. Pada tahun lalu, sajadah seharga Rp 100.000-Rp 350.000 itu terjual 2.000 potong.

"Pada tahun ini setidaknya hingga menjelang Ramadhan sudah terjual 1.500 potong. Saat ini, kami sedang memenuhi permintaan pembeli dari Jakarta sebanyak 600-1.000 potong," kata Yuli.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah seorang pembeli asal Kudus, Sarofah (31), mengaku tertarik membeli mukena batik karena termasuk inovasi baru. Selama ini, mukena yang dijual di pasaran hiasannya memakai bordir.

"Saya membeli mukena batik untuk suvenir tamu dari Jakarta. Kebetulan momennya tepat, saat Ramadhan," kata Sarofah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.