Kompas.com - 06/08/2012, 11:47 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

PONTIANAK, KOMPAS.com- Wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia di Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat menjadi jalur strategis penyelundupan telur penyu. Pasalnya, setiap akhir pekan terdapat aktivitas pasar tradisional di wilayah perbatasan Malaysia.

Kepala Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kalbar Bambang Nugroho, Senin (6/8/2012), mengatakan, upaya penyelundupan telur penyu dari Indonesia ke Malaysia seolah tak pernah berhenti. Sabtu lalu, pelaku juga berusaha selundupkan 3.900 butir telur penyu ke Malaysia sebelum tertangkap petugas gabungan dari BKSDA, PSDKP, Karantina Perikanan, dan Polsek Jagoi Babang.

"Tahun 2011 lalu, upaya penyelundupan 3.400 telur penyu melalui Jagoi Babang juga berhasil kami gagalkan. Kami dan semua aparat yang bertanggungjawab di perbatasan selalu berkomitmen untuk mengawasinya," kata Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.