Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2012, 11:31 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

BANDUNG, KOMPAS.com - Band d'Masiv menjadi sajian paling ditunggu di acara Kilau Ramadhan di Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Bandung, Jumat (3/8/2012). Band ini menjadi penutup acara di hari pertama sajian safari Ramadhan tersebut.

Band d'Masiv mulai tampil di panggung utama acara Kilau Ramadhan pukul 21.30 wib. Meski tampil sebagai penutup acara, namun para warga setia menunggu bahkan rela berdesakan untuk menyaksikan band papan atas ibukota tersebut.

Awalnya, pengunjung Kilau Ramadhan cukup tertib menyaksikan bagian pergelaran musik religi ini. Semua warga duduk rapi dengan posisi anak-anak ada di depan panggung. Sementara para remaja dan orangtua mengikuti di belakangnya. Namun saat band d'Masiv ini mulai memainkan intro lagu, anak-anak dan remaja ini langsung merangsek menuju batas pagar depan antara panggung dan penonton. Para pengunjung pun langsung berdiri sambil ada yang lompat-lompat mendengarkan lagu yang mereka bawakan.

Tak jarang pula, para warga juga mengabadikan momen dari ponsel untuk merekam band d'Masiv melakukan konser mini di halaman masjid. Sambutan para Masivers, sebutan untuk penggemar d'Masiv, memang luar biasa. "Kumaha, daramang Bandung," sapa Ryan d'Masiv dengan bahasa Sunda yang disambut teriakan histeris penonton.

Dalam penampilannya, d'Masiv menyanyikan sekitar lima lagu yang diambil dari album pertama dan kedua secara acak. Namun d'Masiv juga membocorkan salah satu single di album ketiganya. Ryan menyebut bahwa lagu tersebut merupakan lagu lama yang telah dipopulerkan oleh Chrisye pada era 90-an. Koor penonton terdengar mengikuti alunan lagu yang dibawakan mereka dari awal hingga akhir.

D'Masiv melakukan perombakan tempo beat dan dengan aransemen yang lebih masa kini. "Pasti kalian tahu semua, judulnya Pergilah Kasih," kata Ryan.

Acara Kilau Ramadhan digelar oleh Kelompok Kompas Gramedia (KKG) bekerjasama dengan situs jual beli online Blibli.com di Pusdai Bandung. Acara Kilau Ramadhan adalah suguhan edukatif di saat Ramadhan dan akan dilakukan di beberapa tempat di Indonesia.

Tahun ini Kilau Ramadhan akan digelar di tiga kota. Bandung menjadi tempat perdana pagelaran tersebut dan bertempat di Pusdai Bandung. Acara ini digelar pada 3-4 Agustus 2012. Minggu depan pada 11-12 Agustus, acara serupa akan digelar di Central Park Jakarta dan Balai Kota Surabaya. Artis ibukota yang akan hadir adalah Kotak dan Snada. Juga hiburan lawak dari Stand Up Comedy Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.