Kompas.com - 04/08/2012, 10:39 WIB
EditorLusia Kus Anna

Oleh Indira Permanasari

Vincit qui patitur. Guratan kata itu tertanam di lengan Fajar Jasmin (35) sejak setahun lalu. Tato itu tertangkap mata saat Fajar membuka pintu rumahnya di bilangan Kelapa Gading, Jakarta, pekan lalu. Pemilik tangan itu bertubuh kurus. Namun, wajah putihnya segar, menyungging senyum.

Yang berani menderita akan menang. Ini mengingatkan saya untuk terus berani dan bertahan hidup,” ujar Fajar melirik torehan di lengannya. Pekan itu, di Washington DC, Amerika Serikat, sedang berlangsung Konferensi AIDS Internasional Ke-19.

Istrinya, Leonnie Flora (35), ikut duduk menemani Fajar di ruang tamu berdesain minimalis serba putih. Peribahasa Latin itu mewujud dalam hidup pasangan itu saat mendapati Fajar terinfeksi HIV/AIDS.

Dunia mereka berubah lima tahun lalu. Fajar terserang diare parah selama dua minggu. Dia terpaksa berhenti bekerja sebagai copy writer di perusahaan periklanan. Dokter tak mendapati masalah pada pencernaan Fajar. Ia kemudian menyarankan tes HIV. Februari 2008, Fajar dipastikan terinfeksi HIV.

”Waktu itu, yang terpikir langsung adalah anak dan istri,” kata Fajar. Dia menikah dengan Leonnie tahun 2004. Mereka dikaruniai tiga anak berusia 7 tahun, 6 tahun, dan 4,5 tahun. Fajar baru bernapas lega saat mengetahui hasil tes istri dan anak-anaknya negatif HIV.

Semula Leonnie shock dengan hasil tes suaminya. Namun, sarjana seni rupa itu tak mau terkubur kesedihan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terbuka

Sejak awal, pasangan itu memutuskan terbuka dengan status positif HIV Fajar. Mereka kemudian mengumpulkan keluarga terdekat. ”Dalam pertemuan itu, Fajar menjelaskan kondisinya. Ibunya menangis mendengar berita itu,” kata Leonnie.

Ada sanak keluarga yang bertanya, ”Dulu saya pernah berbagi gelas sama kamu, itu tidak apa-apa?” Fajar memaklumi. ”Saya jelaskan, HIV tidak menular lewat berbagi gelas, bertukar pakaian, atau sekadar tinggal di tempat sama,” tutur Fajar.

Halaman:
Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.