Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Kedaluarsa Beredar di Kolaka Utara

Kompas.com - 02/08/2012, 14:01 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLUT, KOMPAS.com -- Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Kolaka Utara menemukan puluhan produk makanan kedaluarsa di beberapa pasar tradisional di kota tersebut.

Kepala Diskoperindag Kolaka Utara (Kolut), Amran Wahab menjelaskan, makanan kedaluarsa itu ditemukan saat monitoring yang digelar tim Dinas Pedagangan di seluruh pasar tradisional di Kolaka Utara.

"Meskipun kita menemukan barang kedaluarsa, kami tidak bisa menyitanya, apalagi diproses hukum. Masalahnya sampai sekarang kami belum memiliki penyidik pegawai negeri sipil, sehingga kita sebatas menegur saja," ungkapnya, Kamis (2/8/2012).

Amran mengimbau kepada para pedagang agar tidak menjual barang yang sudah kedaluarsa karena berdampak pada kesehatan masyarakat yang mengonsumsinya.

Menurut Amran, para pedagang yang barangnya kedaluarsa juga menolak dagangan mereka disita petugas Diskoperindag karena barang mereka akan ditarik kembali oleh distributor. Pedagang dan distributor sudah sepakat jika ada barang kedaluarsa, akan ditarik.

Guna mencegah penjualan makanan dan minuman kedaluarsa, kata Amran, Diskoperindag akan menggandeng penegak hukum agar bisa memberi efek jera kepada pedagang yang 'nakal'.

"Kita coba nanti untuk berkoordinasi dengan polisi. Karena sepekan jelang Lebaran, operasi kembali kita gencarkan di seluruh tempat penjualan yang ada di Kolaka Utara," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com