Kompas.com - 02/08/2012, 12:34 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

PALEMBANG, KOMPAS.com — Salah satu korban luka dalam penembakan oleh Satuan Brigade Mobil (Brimob) di Desa Limbang Jaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Jumat pekan lalu, Rusman (45), terpaksa tangannya diamputasi.

Tangan pandai besi itu luka parah dalam peristiwa buntut dari konflik lahan PT Perkebunan Nusantara VII Cinta Manis. Hingga saat ini, Kamis (2/8/2012), Rusman masih dirawat di Rumah Sakit Charitas, Palembang.

Rusman dilarikan ke rumah sakit dengan luka cukup parah di lengan yang diduga karena terkena peluru. Bapak dua anak itu sebenarnya telah dioperasi awal pekan ini. Namun, lengan Rusman menghitam sehingga amputasi dinilai perlu dilakukan untuk menyelamatkan jiwanya.

Rusman adalah satu dari empat korban terluka dalam peristiwa penembakan itu yang dirawat di rumah sakit. Satu korban tewas, Angga bin Darmawan (12), telah dimakamkan pada Sabtu pekan lalu. Sejumlah warga lain mengalami luka ringan dan trauma.

Aktivis Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumatera Selatan, Hadi Jatmiko, mengatakan, kehilangan lengan akan membuat Rusman sulit meneruskan pekerjaannya sebagai pandai besi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.