Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaikan Jalan, Perlintasan dan Pasar Tumpah Hambat Lalu Lintas

Kompas.com - 31/07/2012, 10:21 WIB
Siwi Nurbiajanti

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Kondisi jalan yang masih diperbaiki, perlintasan sebidang, serta pasar tumpah di sejumlah ruas jalur pantura, diperkirakan bisa menjadi hambatan dalam arus lalu lintas Lebaran 2012 di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.                

Berdasarkan data Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Brebes, Selasa (31/7/2012), delapan hambatan tersebut antara lain kondisi jembatan sungai Kabuyutan di Kecamatan Tanjung, jembatan Pemali di Kecamatan Brebes, serta jalur Ciregol di Kecamatan Tonjong, yang saat ini masih diperbaiki.

Kondisi jalan alternatif Karangsawah-Linggapura di Kecamatan Tonjong, serta kondisi jalan alternatif Bojongsari-Kersana-Ketanggungan-Jatibarang yang masih rusak, juga bisa menjadi penghambat.

Selain itu, perlintasan sebidang di ruas Pejagan dan ruas Kretek, serta sejumlah pasar tumpah di seluruh pusat kegiatan kecamatan di Brebes, juga menjadi potensi penghambat.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Brebes, Sutriyono, mengatakan, kondisi jembatan dan jalan bisa menjadi penghambat lalu lintas Lebaran, apabila hingga tujuh hari sebelum Lebaran atau H-7 belum selesai diperbaiki.

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar sejumlah ruas jembatan dan jalan yang saat ini tengah diperbaiki, bisa segera selesai dan siap digunakan untuk arus mudik pada H-7.

Untuk mengantisipasi hambatan dalam lalu-lintas Lebaran, lanjutnya, Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Brebes telah menyiapkan sekitar 189 tiang rambu-rambu lalu lintas, serta sejumlah beton penghalang dan bambu penghalang.

"Dinas perhubungan, komunikasi, dan informatika juga menjaga perlintasan sebidang pada delapan lokasi, dengan total 65 petugas," katanya.

Secara keseluruhan, personel dinas perhubungan, komunikasi, dan informatika yang disiapkan untuk operasional pengamanan lalu lintas Lebaran sekitar 165 orang. Rencananya, posko Lebaran akan diselenggarakan pada 12 Agustus hingga 25 Agustus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com