Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Daging Berformalin Beredar di Parepare

Kompas.com - 27/07/2012, 23:22 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS. com -- Dinas Pertanian, Kehutanan, Perikanan dan Kelautan (PKPK) Kota Parepare, melakukan inspeksi mendadak di pasar Lakessi, Kota Parepare, Jumat (27/7/2012).

Hasilnya, Dinas PKPK menemukan daging sapi dan ayam yang mengandung formalin. Tidak hanya itu, sejumlah ikan yang dijual di pasar tersebut juga terindikasi berformalin. Komoditas tersebut langsung disita petugas Dinas PKPK.

"Kita menyita daging ayam karena telah berubah warna, meski uji formalinnya negatif. Selain itu, kita juga menyita daging sapi karena berubah warna dan konsistensi. Pada ginjal dan usus kita juga menemukan kandungan formalin," kata Yulianti Hatta, dokter hewan dari Dinas PKPK.

Penemuan daging berformalin tersebut setelah tim dari Dinas PKPK melakukan uji organoleptik, yaitu pengujian indera yang digabungkan meliputi warna, rasa dan tekstur terhadap kualitas komoditas pertanian dan makanan.

Daging berformalin itu ditemukan di dua penjual. Kini, semuanya disita dan dimusnahkan di lokasi. "Pedagang yang produknya positif berformalin, statusnya dalam pengawasan. (Keduanya, red) akan diuji kembali, tetapi waktunya diacak," ungkapnya.

Selain ayam dan daging, tim dari Dinas PKPK juga menemukan zat formalin dalam daging ikan. Namun, persentasinya sangat sedikit. Kemungkinan, kata Kepala Dinas PKPK Damilah Husain, formalin masik ke tubuh ikan melalui air.

"Ini (ikan berformalin, red) bukan kesalahan pedagang. Berbeda dengan daging yang formalinnya banyak tepat di limpa dan usus," kata Damilah yang juga turut dalam sidak tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com