Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Kedaluwarsa Beredar di Luwu Timur

Kompas.com - 27/07/2012, 15:07 WIB
Kontributor Tana Luwu, Husain

Penulis

LUWU TIMUR, KOMPAS.com - Ratusan makanan dan minuman kedaluwarsa disita dari sejumlah toko dan swalayan di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Jumat (27/7/2012) menyusul razia yang dilakukan tim gabungan Dinas Koperindag, Dinas Kesehatan dan Satpol PP setempat.

Razia digelar berdasarkan banyaknya aduan masyarakat yang merasa dirugikan. Adapun, makanan kedaluwarsa yang ditemukan dalam operasi ini berupa mie instan, biskuit, softdrink, susu bubuk, makanan untuk bayi, dan juga kecap.

Sementara itu, pemilik toko dan swalayan yang dirazia mengaku jika penjualan barang tersebut terjadi karena pihak distributor terlambat menarik produk yang telah kedaluwarsa. "Biasanya diperiksa kalau ada yang expired langsung ditarik. Tetapi sudah beberapa bulan ini, mobil distributor belum datang," ungkap Arna, salah seorang pemilik toko di Desa Lambarese, Kecamatan Burau.

Yasriati, pemilik toko lainnya di Kecamatan Mangkutana juga mengaku jika kesalahan ini bukan dari pemilik toko. "Seharusnya pihak penyalur sudah datang menarik barang yang telah habis masa berlakunya, namun sejak beberapa bulan ini tidak juga datang," ungkap Yasriati.

Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Lutim Syahidin Halun mengingatkan para pemilik toko agar lebih berthati-hati dalam menjual prodak makanan dan minuman. Sebab, produk yang telah kedaluwarsa dapat berdampak buruk terhadap kesehatan manusia. "Selain menyita barang yang kedaluwarsa, pemiliknya juga akan kami beri pembinaan," ungkap Sahidin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com