Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Iskan Pesan 1.000 Unit Pembangkit Listrik Tenaga Hampa

Kompas.com - 25/07/2012, 22:41 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan, setelah mendengar ada seorang yang hanya lulusan Sekolah Dasar, warga Kabupaten Malang, Jawa Timur, berhasil menciptakan generator listrik tanpa bahan bakar yang diberi nama Pembagkit Listrik Tenaga Hampa (PLTH), langsung memesan 1.000 unit untuk dipakai di rumahnya di Surabaya dan untuk warga pulau Bawean, Jawa Timur.

Generator listrik tersebut adalah karya Slamet Haryanto (51) alias Embing, seorang tukang servis dinamo yang tinggal di Desa Ngroto, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Ayah tiga anak itu, membuat generator listrik dengan memanfaatkan karbon padat yang dihasilkan dari pembakaran batok kelapa hingga menjadi abu.

Karbon tersebut kemudian dipasang di panel-panel kaca yang kemudian dihubungkan dengan aki, trafo dan kapasitor. Adapun prinsip kerjanya, yaitu menyimpan energi untuk diubah jadi daya listrik.

Menurut Slamet, selain Dahlan Iskan juga memesan hasil karyanya, juga siap akan membantu untuk mengurus surat izinnya hak paten PLTH agar tidak ditiru atau dibajak orang lain.

"Saya cukup berterima kasih pada Pak Dahlan Iskan karena beliau bilang siap membantu pematenan karya saya ini. Dalam waktu dekat Pak Dahlan akan datang ke sini," aku Slamet, Rabu (25/7/2012) malam.

Dahlan Iskan memesan karya Slamet dan siap membantu mengurus izin hak paten itu kata Slamet, setelah Dahlan Iskan menelpon langsung Slamet. "Pada hari Senin (23/7/2012) lalu, saya ditelepon langsung pak Dahlan Iskan," akunya.

Bahkan Dahlan Iskan sudah meminta nomor rekening Slamet untuk pemesanan 1.000 unit generator tersebut. "Pak Dahlan pesan satu unit PLTH untuk 10.000 watt atau 10 kilowatt. Itu untuk dipakai di rumahnya sendiri di Surabaya. Lainnya akan dipasang di pulau Bawean yang selama ini listrik tidak masuk," katanya.

Selain Dahlan Iskan yang memesannya, Bupati Malang, Rendra Krisna juga memesannya, untuk digunakan di pendapa Kabupaten Malang. "Bahkan Pak Bupati memesan lebih banyak lagi untuk dipakai di seluruh Kantor Kecamatan yang ada di Kabupaten Malang," katanya.

Sementara itu aku Slamet, Bupati Malang, sudah mendatangi rumah Slamet melihat langsung generator ciptaanya tersebut. "Tadi siang, saya dipanggil ke kantor desa oleh Pak Camat Pujon. Saya dibantu dana sebesar Rp 15 juta untuk membeli alat yang dibutuhkan," katanya Slamet.

Pemberian dana yang diambilkan dari dana hibah tersebut diakui Kepala Desa Ngroto, H Mustafa. Dana tersebut kata Mustafa, diminta untuk dibelikan alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat generator untuk ajang uji coba nantinya.

"Semoga dana tersebut lebih bermanfaat untuk pengembangan karya Pak Slamet ini," harap Mustafa yang mengaku juga memesan satu unit karya Slamet itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com