Kompas.com - 24/07/2012, 14:02 WIB
|
EditorRusdi Amral

SUNGAI RAYA, KOMPAS.com - Bagi hasil pajak minyak kelapa sawit sangat dibutuhkan oleh pemerintah daerah, baik provinsi maupun kota atau kabupaten. Pasalnya, dana bagi hasil itu bisa digunakan untuk memperbaiki infrastruktur jalan.     

Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Koordinator Wilayah Kalimanta Barat Muda Mahendrawan mengatakan, beban daerah untuk memperbaiki infrastruktur jalan. "Di banyak daerah, infrastruktur jalan harus sering diperbaiki karena dilalui oleh truk pengangkut tandan buah segar atau minyak kelapa sawit mentah," ujar Muda, Selasa (24/7/2012).     

Kendati menghasilkan sekitar satu juta ton minyak kelapa sawit mentah setiap tahun, Kalbar tidak menikmati pajak ekspornya. Pasalnya, CPO diekspor melalui pelabuhan lain di Kalbar karena Kalbar belum memiliki pelabuhan ekspor dan impor.     

Saat ini, berbagai pihak terus mendorong pemerintah pusat untuk segera merealisasikan pembangunan pelabuhan internasional di Kalbar. Pasalnya, tanpa pelabuhan itu, Kalbar hanya akan menjadi produsen CPO tetapi tidak menikmati nilai tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.