Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagi Hasil Pajak CPO Sangat Dibutuhkan Daerah

Kompas.com - 24/07/2012, 14:02 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

SUNGAI RAYA, KOMPAS.com - Bagi hasil pajak minyak kelapa sawit sangat dibutuhkan oleh pemerintah daerah, baik provinsi maupun kota atau kabupaten. Pasalnya, dana bagi hasil itu bisa digunakan untuk memperbaiki infrastruktur jalan.     

Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Koordinator Wilayah Kalimanta Barat Muda Mahendrawan mengatakan, beban daerah untuk memperbaiki infrastruktur jalan. "Di banyak daerah, infrastruktur jalan harus sering diperbaiki karena dilalui oleh truk pengangkut tandan buah segar atau minyak kelapa sawit mentah," ujar Muda, Selasa (24/7/2012).     

Kendati menghasilkan sekitar satu juta ton minyak kelapa sawit mentah setiap tahun, Kalbar tidak menikmati pajak ekspornya. Pasalnya, CPO diekspor melalui pelabuhan lain di Kalbar karena Kalbar belum memiliki pelabuhan ekspor dan impor.     

Saat ini, berbagai pihak terus mendorong pemerintah pusat untuk segera merealisasikan pembangunan pelabuhan internasional di Kalbar. Pasalnya, tanpa pelabuhan itu, Kalbar hanya akan menjadi produsen CPO tetapi tidak menikmati nilai tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com