Kompas.com - 24/07/2012, 08:43 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

SUNGAI RAYA, KOMPAS.com — Ribuan batang kayu yang terdiri dari sekitar 200 kayu bulat dan 3.000 kayu olahan dijarah pembalak liar di Cagar Alam Gunung Nyiut, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Pembalakan liar sudah berlangsung selama satu tahun.

Komandan Satuan Polisi Hutan Reaksi Cepat Brigade Bekantan David Muhammad mengatakan, kayu-kayu ditemukan saat operasi sejak 15 Juli di Gunung Nyiut. "Sebagian kayu langsung dimusnahkan karena merupakan barang bukti yang ditemukan di kawasan lindung," kata David, Selasa (24/7/2012) di Sungai Raya.

Operasi gabungan bersama sejumlah instansi lain itu juga menemukan 12 tempat tinggal sementara para pelaku. Namun, saat petugas sampai di lokasi, para pelaku sudah kabur.

Lokasi pembalakan dicapai dalam waktu delapan jam berjalan kaki dari Desa Nyari, Kecamatan Air Besar, Landak. Nyari ditempuh dengan lima jam berkendaraan dari Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.