Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandung Pelopori Penukaran Uang dengan "Drive Thru"

Kompas.com - 23/07/2012, 13:08 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Bank Indonesia Jabar-Banten memelopori penukaran uang dengan sistem drive thru. Dengan demikian, warga yang ingin menukarkan uang untuk keperluan Lebaran tak perlu turun dari mobilnya.

Penukaran uang dengan drive thru tersebut dibuka sejak Senin (23/7) di kantor Bank Indonesia Jabar-Banten, Bandung. Direktur Eksekutif BI Jabar-Banten Lucky Fathul Azis Hadibrata meresmikan secara langsung penukaran uang tersebut.

Dengan sistem ini, warga yang ingin menukarkan uang tidak perlu turun dari mobil. Mereka hanya menjalankan mobil hingga di samping mobil penukaran. Transaksi pun dilakukan dari balik kaca jendela mobil.

"Layanan ini akan terus dibuka sampai tanggal 16 Agustus 2012," kata Lucky.

Dia menambahkan, penukaran ini bebas biaya. Dengan kata lain, Rp 5 juta yang ditukarkan warga akan ditukar dalam jumlah yang sama.

Pelayanan ini dilakukan untuk sosialisasi kepada masyarakat agar menukarkan uang langsung, baik ke BI maupun bank. Pihak BI menengarai bahwa penukaran uang di luar bank resmi rentan diselipi uang palsu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com